Pages


 

Facebook dan Internet


Catatan Kecil Tentang Internet dan FaceBook Image
Akhir-akhir ini, banyak sekali penipuan yang dilakukan seseorang dengan menggunakan media internet sebagai alat utama untuk melakukan penipuan. Seiring dengan membengkaknya pengguna internet dan FaceBook di Indonesia, maka semakin banyak pula orang yang tidak bertanggung jawab menjadikan FaceBook sebagai alat untuk menipu orang lain.

Karena hal tersebut, agaknya harus lebih berhati-hati dalam menggunakan facebook sebagai sebagai alat komunikasu, terutama dengan orang belum anda kenal. Lebih baik jika lebih berhati-hati saat mengakses facebook agar anda tidak menjadi korban.

Beberapa tips yang bisa digunakan agar anda tidak menjadi korban penipuan maupun efek negatif yang lain yaitu:


Hati-hati ketika memberikan alamat eMail lewat FaceBook
eMail merupakan faktor penting dari seseorang jika ingin mengakses FaceBook. Pada setting default dari privasi FaceBook, alamat eMail bisa dilihat orang lain, bahkan orang tidak termasuk dalam daftar temansekalipun. Alangkah lebih baik jika menggunakan privasi pengaturan privasi agar orang lain tidak dapat melihat eMail yang digunakan untuk login.

Catatan Kecil Tentang Internet dan FaceBook Image

Jangan share nomor handphone di FaceBook
Meskipun ada fasilitas untuk menambahkan nomor handphone, ada baiknya tidak menambahkan nomor ke dalam facebook. Jika memang ada kepentingan untuk menambahkan nomor HP (Misalnya untuk kepentingan business, relasi atau keperluan yang lain), gunakan nomor HP skunder yang memang untuk keperluan tersebut dan jangan gunakan nomor pribadi.

Setting privacy untuk foto-foto di account FaceBook
Privasi foto merupakan salah satu hal penting dalam menggunakan FaceBook. Secara default, semua orang bisa melihat foto yang telah diupload ke FaceBook. Hati-hati dengan file foto karena bisa saja ada orang yang jahil yang secara sengaja menggunakan foto anda untuk kepentingan yang tidak bertanggung jawab.

Catatan Kecil Tentang Internet dan FaceBook Image

Jangan gunakan aplikasi FaceBook yang belum jelas asal usul dan fungsinya
Facebook merupakan kumpulan berbagai macam aplikasi yang siap digunakan. Ada aplikasi yang menfasilitasi integrasi dengan handphone, ada yang dengan dan ada pula yang hanya sekedar untuk iseng belaka. Jika memang ingin menggunakan sebuah aplikasi, coba lihat dulu berapa banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, lihat pula rating yang diterima dari pengguna facebook, apakah aplikasi itu memang berfungsi dengan baik atau tidak. Semakin banyak yang memberi reputasi baik, semakin terpercaya pula kalau aplikasi itu memang bermanfaat (Meskipun belum ada jaminan tidak ada udang dibalik itu dari pembuat apliaksi).

Catatan Kecil Tentang Internet dan FaceBook Image

Jangan langsung setuju “Invite” dari orang lain di FaceBook
Mungkin diantara teman-teman anda ada beberapa orang yang senang mengundang/mengajak masuk ke dalam group, menggunakan aplikasi atau sejenisnya. Jangan langsung menyetujui hal tersebut kalau belum tahu manfaat apa yang bisa diambil dari situ.

Kesimpulan
Facebook, saat ini sudah menjadi salah satu alat untuk mencari teman, sahabat dan keperluan komunikasi yang lain. Tetapi harap diingat, tidak ada yang sempurna di dunia ini (Termasuk Internet dan FaceBook). Anda harus bisa memilah dan memilih mana yang terbaik buat anda.