Pages


 

Membuat Blangko Pengisian Input Data di Ms Word 2007

Sekarang ini semuanya lebih serba bersifat teknologi. Termasuk dalam hal membuat sebuah form pengisian sebuah data pun dapat dilakukan menggunakan program office seperti Ms Word. Form input data yang telah dibuat selanjutnya bisa diupload maupun dikirim melalui e-mail atau langsung diberikan kepada orang lain dalam bentuk sebuah file. Jadi, pengisian formulir secara manual mungkin saja akan menjadi ketinggalan jaman dan tidak akan terpakai lagi. Dalam kehidupan sehari-hari formulir yang sering dipergunakan adalah formulir pendaftaran, maupun formulir pemesanan suatu barang tertentu kepada produsen. Selain formulir tersebut, ada juga yang membuat formulir untuk angket, survey dan formulir-formulir yang lain yang digunakan untuk tujuan tertentu.

Nah jika anda berniat untuk membuat sebuah formulir / blangko pengisian input data, maka anda pun bisa membuat formulir tersebut dengan menggunakan Ms Word 2007. Setelah itu silahkan dibagikan kepada teman-teman atau diupload ke website anda untuk didownload oleh pengunjung yang berkeinginan untuk mengisi formulir tersebut.

Langsung saja, dibawah ini adalah langkah-langkah membuat formulir isian data menggunakan Ms Word 2007.
1.    Aktifkan terlebih dahulu Tab Developer dengan cara klik office button kemudian klik word options. Pilih tab popular kemudian beri tanda centang pada Show Developer Tab in the ribbon. Kemudian klik OK.

 
2.    Buatlah form yang berisikan data-data yang anda butuhkan, seperti data diri, dan lain-lain.
3.    Setelah itu buatlah form input pengisian data sesuai dengan yang telah anda buat tadi. Letakkan kursor pada tempat form input data yang akan dibuat. Form input bisa berupa teks, tanggal, check box, dll. Klik tab developer, gunakan pilihan yang ada pada group menu controls.
a.    Format input teks : gunakan pilihan Rich Text


b.    Format input tanggal : gunakan Date Picker

c.    Format pilihan isian kata : gunakan Combo box atau drop down list

d.    Format check box : gunakan Check box

Dibawah ini beberapa contoh gambar penggunaan input data ms word :

Membuat form input nama


Membuat form input tanggal


Membuat form input drop down list. Untuk memasukkan beberapa pilihan input, setelah klik drop down list silahkan di klik properties pada group menu controls. Selanjutnya klik add untuk memasukkan daftar pilihan input.


Hasil dari drop down list


Hasil akhir form input data yang telah dibuat.


Semoga bermanfaat dan sukses selalu buat anda ....