Pages


 

Aktifkan Webcam Laptop / Netbook


Bagi sobat yang memiliki laptop ataupun netbook yang terintegrasi webcam, tidak ada salahnya membaca artikel saya ini yang mungkin bermanfaat bagi sobat sekalian.
Jujur saya sebenarnya "gaptek", dulu yang saya tau kalau laptop/ netbook yang ada webcam, webcamnya langsung bisa dipakai. Eh, waktu saya cari-cari menu buat webcamnya di laptop tidak ada.

Setelah saya cari tau ke tetangga sekitar dan browsing lewat internet, ternyata untuk menggunakan webcam ada settingannya juga dan harus pakai aplikasi khusus webcam.
Akhirnya saya mengerti juga, ternyata untuk menggunakan webcam harus ada usahanya juga... hehe....

Gini sob, saya cuma mau berbagi pengalaman aja tentang webcam.
Bagi sobat-sobat yang webcam di laptop atau netbook nya udah aktif/on, untuk lebih efisien dalam pemakaiannya lebih baik menggunakan aplikasi webcam aja.
Tapi untuk yang webcam device nya blom aktif/on, berikut saya haturkan cara aktifasi webcam devicenya ;

1. ) Klik menu "Start" dari laptop sobat semuanya.
2. ) Cari dan klik menu "Control Panel"
3. ) Setelah itu, pilih dan klik "Hardware and Sound" menu.


4. ) Pilih dan klik "Device Manager" yang ada dibawah menu "Devices and Printers".


5. ) Setelah meng-klik "Device Manager" akan muncul beberapa tampilan menu device, pilih dan klik anak panah disebelah kiri "Imaging Device".


6. )  Akan muncul tulisan "USB Camera" dan sebuah gambar disamping kiri tulisannya, jika gambarnya menunjukkan tanda tanya atau silang berarti USB camera sobat belum aktif/on. (jika tidak muncul klik tombol shortcut pada keyboard, misalnya klik tombol "Fn+F8{pokoknya yang ada gambar cameranya}")


7. )  Klik pada tulisan "USB Camera" lalu pilih icon instal untuk menginstal device-nya dan pilih enable untuk mengaktifkan camera webcam sobat. (icon instal dan enable berada di toolbar atas.)


catatan : saya menggunakan Windows 7 Ultimate, untuk Windows yang lain caranya sama atau tidak saya kurang tau.