Pages


 

KOP PADA TABEL SELALU MUNCUL

Cara agar kepala baris suatu tabel selalu muncul pada halaman berikutnya di word 2007 . Suatu saat ketika membuat tabel dengan data yang banyak, maka baris yang dibuatpun juga banyak. Bahkan karena banyaknya data yang ada, tabel yang dibuat tersebut sampai melebihi satu halaman, sehingga baris yang lain berada pada halaman berikutnya. Otomatis judul tabel atau kepala tabel juga tidak kelihatan atau nampak pada halaman selanjutnya itu. Keadaan seperti ini tentunya akan menyulitkan pembacaan data yang berada pada halaman lain tersebut karena harus bolak-balik halaman untuk melihat judul tabel atau kepala tabel.

Sebenarnya bisa saja dibuat secara manual dengan memberi kepala baris baru pada halaman tersebut, namun akan menjadi masalah lagi ketika kita mengubah ukuran kertas atau margin kertas. Sebab kepala kolom atau kepala baris tersebut akan ikut berubah letaknya. Untuk mengatasi hal tersebut, kita tidak perlu membuat kepala baris atau judul tabel secara manual, namun kita bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di Ms

Word agar kepala tabel atau kepala baris suatu tabel akan otomatis selalu muncul pada setiap halaman.

Untuk itu silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
  • Buatlah sebuah tabel yang anda kehendaki kemudian ketikkan judul dari kepala baris tersebut seperti No urut, Nama, Jabatan, Alamat, dan keterangan.
  • Aktifkan kursor pada kepala baris tersebut (baris pertama), atau klik pada salah satu kepala baris (judul tabel) tersebut.
  • Pada ribbon Layout, Group menu Data, Klik Repeat Header Rows
  •  Selesai
Mulai sekarang ketika baris yang dibuat sampai pada halaman berikutnya, maka secara otomatis judul tabel atau kepala baris tabel tersebut sudah tampil tanpa kita harus membuatnya secar manual. Cara seperti ini akan lebih efektif dan efisien dalam membuat data dengan menggunakan tabel.